Sabtu, 03 Maret 2012

FINAL DRIVE LH BROKEN EUCLID EH1700


Gambar 1 . Ring Gear (Inner dan Outer)
1A. Bagian Outer Ring Gear yang mengalami fracture (tampak atas)
1B. Bagian Outer Ring Gear yang mengalami fracture (tampak samping)
1C. Inner Ring Gear yang mengalami keausan
1D. Bolt yang berfungsi sebagai lock antara Outer Ring Gear dan Inner Ring Gear patah
1E. Bolt yang berfungsi sebagai lock antara Outer Ring Gear dan Inner Ring Gear patah

Gambar 2. Wheel Hub, 2A. Kondisi Wheel Hub yang Aus akibat bergesekan dengan Ring Gear

Gambar 3. Spindel Shaft


Gambar 4. Inner dan Outer Bearing


Gambar 5. Planetary Gear, 5A. Salah satu teeth yang mengalami chipping, dari bentuk patahan tidak ada indikasi fatique, 5B. Bentuk patahan teeth pada sisi yang lain.
Gambar 6. Sun Gear

ANALISA PENYEBAB FINAL DRIVE BROKEN
Dari Data-data di atas dapat dijelaskan bahwa penyebab kerusakan pada Final Drive adalah sebagai berikut :


Beban yang terjadi pada Final Drive akan ditumpuh oleh Bearing (Inner dan outer). Pada saat unit bergerak dan roda berputar bearing akan sliding terhadap Wheel Hub dan Fix terhadap spindle. Outer bearing bersinggungan langsung dan Fix terhadap Inner Ring Gear. jika pada Inner Ring Gear terjadi keausan seperti pada gambar 1C, maka yang terjadi adalah outer bearing tidak lagi fix terhadap inner ring gear. Selanjutnya Outer Bearing akan Sliding baik terhadap Wheel Hub maupun terhadap spindle. Jika ini terjadi, sangat dimungkinkan pergerakan Wheel Hub tidak lagi center sesuai dengan arah putarannya tetapi juga oblak terhadap sumbu Y. Hal ini mengkibatkan gesekan antara Wheel Hub dan Outer Ring Gear mengingat clerance antara keduanya hanya sekitar 5 mm dan akan mengakibatkan keausan (Gambar 2A). Kondisi seperti ini juga akan mengakibatkan timbulnya impact antara outer ring Gear dan Wheel Hub sehingga mengakibatkan lock bolt patah (Gambar 1D dan 1E) serta Ring Gear patah. Konsentrasi tegangan terjadi pada daerah yang mempunyai Luas permukaan kecil.

KESIMPULAN
Kerusakan pada Final Drive disebabkan oleh Keausan pada Inner Ring Gear akibat tidak dilakukannya adjustment Pre Load dan Backlash secara periodik.

PREVENTIVE MAINTENANCE
Sebagai tahap awal, lakukan Adjustment terhadap Preload dan Backlash setiap interval 6000 jam sambil dimonitor effektivitasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar