Jumat, 27 Juli 2012

HD785-7 KOMATSU TRANSMISSION E03,FILL SWITCH CORROSION

Langkah 1.
Diketahui sebuah Dump Truck type HD785-7 KOMATSU ( DT anggap DT01 ) mengalami  problem Error 03. Problem dilaporkan ke workshop ( atau pelaporan ke mekanik ) pada pukul 14:00 laporan Transmissi Error, ( ingat pernyataan yang kurang lengkap membuat analisa berkurang ) tanyakan detailnya ke operator agar melihat display, maka akan terlihat “T/M E03” dengan demikian berarti Tranmissi Error 03 kemudian check aktual dengan melihat history display DDTKKA, DDTLKA,DDTMKA,DDTPKA,DDTNKA,DDTJKA (lihat panduan sop manual pada produck yang dipakai) :

Dengan demikian problem dinyatakan secara jelas bawha transmisi mengalami error pada clutch.

Langkah 2
Karena kita telah mengetahui problem yang diketahui, maka kita harus mengerti bagian mana yang memungkinkan terjadinya error, lihat part book dan sop manual :


Posisi fill swicth berada di atas transmisi.


Sedangkan bagian fill switch ditunjukan seperti gambar diatas, ( lihat part book ). Dengan mengetahui dengan jelas maka kita akan mudah menemukan problem masalahnya.

Langkah 3
Menyediakan tool dan perlengkapan untuk melihat fakta secara jelas dan terarah.

Perlengkapan untuk melihat fakta dan keadaan yang ada akan menunjukan arahan dari kondisi good ke bad. Senjata yang wajib dipakai adalah kamera dan catatan kecil.


Langkah 4
Setelah fakta ditemukan kemudian lanjutkan dengan analisa secara logik, ingat fakta tidak selalu menunjukan cause bisa berupa result/hasil/akibat saja. Maka diperlukan analisa mendalam terhadap part atau komponen secara struktur dan kegunaanya. Fakta yang terjadi adalah adanya korosi pada bagian pin, spring dan hold penahan fillswicth. Sedangkan karat disebabkan oleh udara, air dan panas kemudian bagaimana dapat terjadi karat jika fillswitch berada pada ruang tertutup.


Dari gambar diatas menunjuka bahwa fillswitch hanya selnoid yang difungsikan untuk mengaktifkan clucth.


Dari gambar dan fakta pada no 5 lah yang mengalami korosi atau karat, sedangkan semuanya teraliri oleh oli. Tapi perlu diingat fill switch merupakan komponen elektrik sehingga lebih cepat menimbulkan karat. Lantas bagaimana dengan airnya??lakukan ujilab, saat kejadian ini oli yang dipakai SAE30 dengan kadar maksimal water dalam oli adalah 0% sedangkan saat kejadian 0,3% sehingga pada oli mengandung air.

Langkah 5
Dengan demikian problem dapat diketahui bahwa karat yang terjadi pada fillswitch dikarenakan kandungan air pada oli yang melebihi batas maksimum dan diperparah dengan adanya beda potensial antara kedua logam ( baca korosi galvanic ). Kemudian action maintenancenya adalah clean fillswitch dan replace oil Transmission. Sedangkan preventivenya pastikan penyimpanan oli pada tempat yang kering tidak berlembab dan pengecekan wiring atau sistem elektrik agar tidak overvoltage.
















1 komentar: